6. Strategi Exit Sebagai Tujuan Akhir

Menurut panelis di sebuah diskusi Echelon Asia Summit 2016, startup yang sukses adalah yang para founders-nya memiliki tujuan akhir yang jelas

Ada banyak diskusi seru ketika membicarakan strategi exit untuk para startup. Ada beberapa ‘aliran’ exit yang bisa dipilih dalam menjalankan startup. Ada yang bertujuan untuk exit dengan IPO, ada yang exit dengan M&A (merger and acquisition), dan ada pula yang memiliki pandangan tidak akan exit dan mengembangkan terus startup yang dijalaninya.

Seharusnya tidak ada yang salah dengan beberapa pandangan yang disebutkan di atas selama dijalani dengan profesional. Exit bagi startup seharusnya dijalankan atau dipilih bukan tanpa alasan. Memilih exit juga bukan berarti keluar dari medan perang dan lari dari tanggung jawab. Semua dijalankan sesuai strategi yang dibutuhkan startup.

Sebuah StartUp harus selalu mempertimbangkan strategi exit, karena baik IPO maupun M&A memiliki keuntungannya masing-masing, kita harus menentukan strategi exit terbaik bagi StartUp kita dengan membaca bab ini. tak pernah terlalu dini untuk merencanakan strategi exit beberapa startup bahkan sudah memiliki strategi exit sebelum startup itu sendiri didirikan.

Point Penting :
A. Selalu miliki sebuah strategi exit
B. Pahami keuntungan dan kerugian M&A dan IPO


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *