2. Menciptkan Sebuah Produk

Produk yang baik selalu berubah menyesuaikan dengan tren karena pasar juga terus-menerus berubah. Anda harus menciptakan produk yang unggul sambil selalu awas terhadap kebutuhan pasar. Cara yang berguna untuk mencapai hal ini, ada sebuah buku yang memaparkan tentang lean startup model dan build-measure-learn feedback loop.

berbagai platform aplikasi startup

Hal yang paling penting adalah meluncurkan produk secepatnya. Anda bisa meluncurkan produk segera setelah Anda menyelesaikan pengembangan fungsi minimalnya dan Anda sudah memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan menggunakan respons yang Anda dapatkan, Anda harus mengembangkannya lebih jauh dan merilisnya kembali ke pasar. Melalui siklus ini, dengan cepat Anda dapat menimbulkan dampak di pasar dan mendapatkan porsi pasar lebih awal daripada pesaing.

1. Mendefinisikan Masalah dan Menemukan solusinya

Produk yang baik artinya memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah tertentu. seorang venture capitalist, saat melihat beragam perusahaan startup, pertanyaan pertama mereka selalu, “Produk ini sebenarnya berusaha memecahkan masalah apa?” Jika jawabannya jelas, pertanyaan berikutnya adalah: bagaimana perusahaan ini akan memecahkan tantangan tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan poin utama yang akan diajukan oleh banyak venture capitalist. Banyak entrepreneur beranggapan bahwa urutan pertanyaan-pertanyaan ini bisa dibolak-balik. Namun, tidak demikian. Tak peduli seberapa imajinatif produknya atau seberapa cerdas solusinya, jika masalah atau kesulitan yang akan dipecahkan sang produk tidak jelas, nilai produk ini akan melemah.

Kadang, masalahnya bisa terlihat sangat sederhana, tetapi hal ini tetap saja merupakan masalah yang harus dipecahkan.

2. Melakukan Riset Pasar

market research

Setelah menguraikan masalah yang harus dihadapi dan solusi yang mungkin bisa diterapkan, langkah berikutnya adalah melakukan riset pasar. Berikut adalah beberapa poin utama yang bisa dipertim bangkan pada tahap proses ini:

  • Siapa yang akan menggunakan produk ini?
  • Akankah produk tersebut diterima oleh penduduk lokal? Di seluruh wilayah dunia?
  • Apa halangan yang ada untuk ekspansi ke luar negeri?

Untuk menganalisis pasar secara efektif, besar kecilnya harus diukur atau diteliti. Inilah Total Addressable Market atau TAM sebuah startup. Dari sudut pandang venture capitalist, TAM sangat penting dalam proses pengambilan keputusan investasi.

Sebagai aturan dasarnya, para investor Silicon Valley mempertimbangkan investasi pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di pasar yang menghasilkan US$100 juta atau lebih. Ukuran pasar menentukan penaksiran terhadap perusahaan tersebut. Jika pasar dihitung pada ukuran kurang dari US$100 juta, maka perusahaan tidak bisa dinilai lebih dari US$10 juta.

3. Menganalisis Kompetitor

Langkahkah berikutnya adalah menganalisis kompetitor. Analisis kompetisi digunakan untuk mengonfirmasi apakah sebuah produk baru cukup berpengaruh atau tidak, atau apakah prodak tersebut serupa dengan produk perusahaan lain. Sebagai tambahan, hal ini juga bisa membantu untuk menemukan calon akuisisi atau rekanan yang potensial. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa dipertimbang kan selama melakukan analisis kompetitor.

  • Sudah adakah produk serupa di pasar?
  • Siapakah kompetitornya?
  • Apa yang membuat produk saya berbeda dengan kompetitornya?
  • Siapakah rekanan potensial saya?
  • Siapakah calon akuisisi potensial saya?

Penting untuk diingat bahwa berada dalam industri yang sama tidak berarti berada dalam pasar yang sama pula. Analisis kompetitif bisa menentukan perbedaan pada pasar yang bisa digarap. Sebagai contoh, industri SNS (social networking sites ber beda-beda dalam hal berikut:

  • Facebook: berhubungan dengan teman.
  • Twitter: menciptakan koneksi dengan pengguna yang mungkin bukan teman dekat.
  • LinkedIn: mengurus koneksi bisnis atau profesional.

Point Penting :
A. Perjelas Masalahnya
B. Analisis pengguna, pasar, pesaing, dan struktur penghasilan
C. Dapatkan respons dari pasar, kembangkan dan perbarui produk dengan cepat


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *