Persiapan Proses Pemeliharaan Lele

Probiotik

Menurut Wikipedia Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Beberapa contoh pada makanan diet yang mengandung bakteri bermanfaat seperti Bakteri asam laktat (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikrob yang paling umum dipakai. LAB telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mampu mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Tidak hanya memberikan rasa asam yang unik pada produk olahan susu seperti susu fermentasi, tetapi juga berperan sebagai pengawet dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit.

Ilustrasi bakteri asam laktat. (Sumber: Tetracera Indica)

Ada banyak sekali Probiotik perikanan yang digunakan dalam budi daya sistem Bioflock. Biasanya, kolam bundar berdiameter 2 meter dengan kepadatan 4.000 ekor lele membutuhkan probiotik sebanyak 2 botol hingga panen. Aturan penyimpanan untuk probiotik Tutup rapat kemasan probiotik setelah pemakaian agar kualitasnya tidak menurun. Simpan probiotik pada tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari agar tidak rusak. Indikasi probiotik yang sudah rusak yaitu beraroma busuk

Setiap Jenis Probiotik Bisa juga digunakan untuk lahan pertanian, karena kandungannya yang kaya akan nutrisi dan bakteri baik

Persiapan Pakan

Fermentasi Pakan
Budi daya lele sistem Bioflock menggunakan pakan pabrikan jenis pelet apung. Penulis menggunakan pelet 781-1 untuk benih ukuran 7-8 cm yang diberikan selama 2 minggu. Setelah itu, gunakan pelet 781-2 yang pemberiannya dimulai pada umur 2 minggu sampai 1 bulan. Selanjutnya, gunakan pelet 781 polos selama 2 minggu dan berikan pelet 782 hingga panen.

proses fermentasi pakan ikan

Pada sistem Bioflock fermentasikan pelet terlebih dahulu menggunakan probiotik sebelum diberikan kepada lele. Agar pakan mudah dicerna dan nutrisi cepat diserap. Berikut kelebihan dari penggunaan pakan fermentasi dengan probiotik.

  • Penggunaan pakan menjadi lebih hemat.
  • Pakan bisa langsung dicerna oleh ikan dengan perkiraan komposisi 70% tercerna dan 30% dikeluarkan sebagai ampas.
  • Mempermudah pemeliharaan air karena tingkat cerna lele sangat tinggi.
  • Tekstur pelet menjadi lebih lembut.
  • Menambah kandungan nutrisi pakan, terutama protein.
  • Rendahnya tingkat kematian ikan.
  • Daging lele lebih padat.
  • Merangsang nafsu makan ikan.

Tahapan Fermentasi Untuk I kg Pakan

Bahan bahan
1 kg pelet
200 ml air bersih (20% dari jumlah pakar yang digunakan)
20 ml molase
5 mi probiotik

Cara Membuat

  1. Campurkan probiotik, molase dan air dalam satu wadah Lalu aduk rata.
  2. Masukkan pelet ke dalam ember pakan
  3. Siram pelet tersebut dengan campuran probiotik dan aduk rata. Setelah itu, diamkan selama 20-60 menit.
  4. Setelah itu, masukkan pakan tersebut ke dalam plastik, lalu ikat.
  5. Simpan dalam ember plastik dan tutup rapat. Letakkan di tempat yang gelap dan sejuk.

Keberhasilan proses fermentasi pakan ditandai dengan munculnya aroma, seperti aroma tape. Namun, bila aroma busuk yang muncul, pertanda proses fermentasi telah gagal. Penyebab kegagalan fermentasi, yaitu wadah tidak hampa udara atau bocor, sehingga udara dapat masuk dan terjadi oksidasi. Pakan fermentasi dapat digunakan minimum 2 hari setelah dibuat. Sebaiknya, pakan fermentasi habis dalam waktu 1-3 hari.

Membibis Pakan
Selain di fermentasikan, pakan juga bisa diolah dengan cara dibibis. Bahan dan tahapan membibis pakan hampir sama dengan memfermentasikan pakan. Bedanya, membibis pakan menggunakan air sebanyak 30-40% dari jumlah pakan yang digunakan. Setelah semua bahan tercampur dan diaduk rata, simpan campuran tersebut selama 30-120 menit. Setelah itu, pakan bisa langsung diberikan kepada ikan lele.

Imunostimulan Jamu Ikan

Jamu berguna untuk meningkatkan antibodi ikan, Bahan pembuatan jamu, diantaranya kunyit, bawang putih, dan asam jawa yang masing- masing berkisar 10-24 gram. Haluskan semua bahan menjadi satu dan peras. Lalu, campurkan air perasannya dengan 1 kg pelet. Setelah itu, diamkan maksimum 2 jam sebelum diberikan kepada lele

Ramuan Herbal
Selain jamu ikan, pembudidaya juga dapat membuat ramuan herbal untuk benih. Ramuan ini diberikan pada saat aklimatisasi benih sebelum dimasukkan ke dalam kolam pembesaran. Ramuan herbal menggunakan 100 gram kunyit dan 300 gram garam. Haluskan atau parut kunyit, kemudian larutkan bersama garam dalam 500 ml air bersih. Setelah itu, peras airnya dan ramuan siap diberikan. Dosis penggunaannya adalah 0,5 ml/liter.

Benih Lele

Benih Lele

Supaya pertumbuhan lele berjalan lebih maksimum, gunakanlah benih yang berkualitas baik. Ciri-ciri benih berkualitas, yaitu ukurannya seragam, sehat, lincah, nafsu makan baik, dan kondisi tubuh normal (tidak ada cacat). Umumnya, jenis benih yang banyak di pasaran dan sering digunakan antaranya sangkuriang, mutiara, dan masamo.

Bila Benih lele mnggantung di air kolam dapat dipastikan benih tersebut tidak sehat

Pembuatan Formula Bioflock

Formula Bioflock berguna sebagai suplai pakan di air kolam, suplemen mikroba, dan sebagai penyeimbang kondisi mikroba di kolam Sebaiknya.
formula Bioflock dibuat minimum 4 hari sebelum budi daya dimulai. Berikut tahapan pembuatan formula Bioflock untuk kolam bundar berdiameter 2meter.

  • Bahan bahan
  • 600 ml probiotik
  • 750 molase
  • 225 gram tepung terigu.
  • 600 gram garam
  • 10 liter air

Cara Membuat

  1. Siapkan ember besar
  2. Campurkan probiotik MaxiGrow dan molase ke dalam 10 liter air, lalu aduk rata.
  3. Tambahkan garam dan tepung terigu ke dalam campuran tersebut, lalu aduk rata.
  4. Setelah tercampur semuanya, biarkan selama 30 menit hingga 2 jam
  5. Masukkan campuran probiotik MaxiGrow ke kolam budi daya.
  6. Sebaiknya, campuran probiotik tersebut diberikan pada pagi hari sekitar pukul 06.00-10.00
  7. Usahakan campuran probiotik tersebut dituang tepat di tengah kolam agar menyebar secara merata.

Lanjut ke >> Persiapan & Pengelolaan Air Kolam Sebelum Bibit di Tebar


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *