Budi Daya Lele Sistem Bio Flock Menggunakan Kolam Terpal

Lele merupakan komoditas perikanan air tawar yang sangat menjanjikan untuk diusahakan. Sebab, harganya ekonomis, memiliki cita rasa gurih dan nikmat, serta mengandung gizi tinggi. Karena itu, permintaan akan lele semakin hari semakin meningkat. Cara budi daya lele pun terbilang mudah dan siklus pembesarannya berlangsung singkat.

Tidak mengherankan, lele menjadi komoditas idola bagi para pembudidaya ikan konsumsi di berbagai daerah. Namun, budi daya lele juga memiliki tantangan yang besar, seperti masalah biaya pembuatan kolam, kepadatan tebar, tingkat kematian, jumlah air dan pakan, pemeliharaan, panen, serta pascapanen. Namun, kini tidak perlu khawatir. Berbagai tantangan tersebut dapat ditanggulangi melalui budi daya sistem Bio Flock. Hasilnya, budi daya lele menjadi lebih efisien dari berbagai sisi.

Tren Konsumsi Lele

Sektor pertanian dan perikanan dipercaya memiliki prospek yang baik kedepannya. Hasil riset McKinsey Global Institute menyebutkan, perekonomian Indonesia akan terus menguat. Pada 2012, perekonomian Indonesia menempati urutan ke 16 di dunia. Sementara itu, diperkirakan pada tahun 2030 peringkat perekonomian Indonesia melonjak ke urutan 7 dunia.

Kondisi tersebut mendongkrak jumlah masyarakat ekonomi kelas menengah di Indonesia dari 45 juta jiwa pada tahun 2012 menjadi 135 juta jiwa pada tahun 2030. Masyarakat kelas menengah tidak hanya membutuhkan asupan pangan yang mengenyangkan, tetapi juga yang bernutrisi tinggi. Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi yang mumpuni. terutama dari sisi kecukupan protein hewani bagi masyarakat. Melihat kondisi tersebut, perikanan budi daya dapat menjadi solusi karena telah banyak kerusakan ekosistem laut dan danau serta over fishing yang menjadi dampak buruk dari perikanan tangkap.

Jenis ikan yang sangat cocok bagi pengembangan perikanan budi daya, salah satunya adalah lele. Selain kandungan nutrisinya bagus, cara budi dayanya pun relatif mudah dan siklus pembesarannya berlangsung sangat singkat.

Kandungan Gizi Lele dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selain harga lele ekonomis ikan ini juga kaya gizi, terutama proteinnya yang mencapai 17,7% dalam 100 gram daging Protein lele merupakan protein istimewa karena mampu melengkapi mutu protein dalam menu makanan Protein ikan lele mengandung asam amino esensial lisin, dan metionin yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein dari susu serta daging. Berikut susunan asam amino esensial lele dan bahan pangan hewani Lainnya

tabel kandungan gizi ikan lele
tabel perbandingan kandungan gizi ikan lele dengan ikan lainya

Lele juga mengandung fosfor yang mencapai 168 mg/100 gram daging lele. Nilai fosfor pada lele lebih tinggi dibandingkan dengan telurnya yang hanya 100 mg, Kadar lemaknya terbilang rendah dan sederhana, yaitu trigliserida yang bersifat netral

Lele juga mengandung omega-3, meskipun kadarnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan laut. Kandungan karbohidrat lele sangat sedikit yaitu 0-1,7% dalam bentuk glikogen. Bahkan ikan lele dari genus Ictalurus punctatus tidak mengandung karbohidrat. Dengan kandungan gizi yang mumpuni, lele memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Berikut manfaat dari daging ikan lele. Berikut Susunan dan Komposisi Gizi lele per 100 Gram

Tabel Susunan dan Komposisi Gizi lele per 100 Gram

Daging lele mengandung lisin yang bermanfaat untuk masa pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa. Lisin juga berguna untuk merombak dan membentuk protein otot. Asam amino lisin menjadi kerangka bagi niasin dan digunakan dalam pengobatan penyakit herpes.

Di dalam tubuh, 80% fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat berada pada tulang dan gigi. Fungsinya, memberi energi untuk metabolisme lemak dan pati, menunjang kesehatan gigi dan gusi, menyintesis DNA, serta menyerap kalsium. Ibu hamil membutuhkan fosfor dalam jumlah yang banyak untuk perkembangan tulang janin. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari tulang sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Karena itu, kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.

Mengonsumsi daging lele sehat untuk jantung dan pembuluh darah. Lele mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, dan membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga berfungsi memicu kerja otot dan simpul saraf. Kandungan kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

Tingkat asam lemak tidak jenuh yang tinggi membuat ikan air tawar, termasuk ikan lele, baik untuk menekan kolesterol. – Omega-3 sangat diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 juga berperan sangat penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf.

Sistem budi daya BioFlock mampu menekan biaya produksi sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas panen, pembudidaya lele dapat meraup untung lebih besar Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem BioFlock Bagaimana aplikasinya? Berikut penjelasannya

Keunggulan Budidaya Lele Sistem BioFlock

Budi daya ikan lele memiliki prospek yang bagus untuk diusahakan, karena permintaannya cenderung meningkat. Meski begitu. bisnis ini juga memiliki tantangan yang kerap menjadi batu sandungan bagi para pembudidaya meraih keuntungan maksimum. Tantangan tersebut adalah menciptakan efisiensi dalam proses produksi.

Efisiensi produksi dalam usaha budi daya lele meliputi hemat air dan pakan, pembuatan kolam dengan biaya minim,kepadatan tebar tinggi tingkat kematian rendah. kemudahan pemeliharaan. panen. serta pasca panen. Terciptanya efisiensi akan menekan biaya produksi, sehingga margin keuntungan yang diperoleh pembudidaya menjadi lebih besar

Budi daya lele sistem bioflock Menjadi Jawaban pembudidaya untuk mengefisiensikan modal usaha budidaya, Berbagai teknologi dan inovasi dalam budi daya lele terus berkembang untuk menciptakan efisiensi produksi. Salah satunya, yaitu budi daya sistem BioMaxi yang juga mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen. Berikut berbagai keunggulan yang ditawarkan sistem Bioflock dalam budi daya ikan lele.

  • Hasil panen melimpah dari luasan kolam yang kecil
  • Hemat pakan (FCR 0,7-0,8)
  • Tingkat kematian rendah (rata-rata 0%).
  • Hemat air.
  • Daging ikan lele memiliki cita rasa yang gurih.
  • teksturnya padat, dan tidak berbau tanah atau lumpur.
  • Ramah lingkungan (air tidak berbau dan air buangan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman).

Mengenal Sistem BioFlock

Sistem BioFlock merupakan inovasi terbaru dalam budi daya pembesaran ikan lele. Secara harfiah bioflok berasal dari kata bios yang berarti kehidupan dan flock yang bermakna gumpalan. Sehingga, bioflok adalah Kumpulan dari berbagai organisme (bakteri, jamur, alga, protozoa, dan cacing) yang bergabung dalam gumpalan dan menyatu dengan partikel organik (detritus), Berikut perbandingan air dan padat tebar sistem bioflok dengan budidaya sistem lainnya.

Tabel perbandingan air dan padat tebar sistem bioflock

Bioflok di kolam lele Bioflok mampu mendaur ulang senyawa nitrogen amonia menjadi protein sel mikroba yang menguntungkan bagi lele. Proses kerjanya, aduk dan aerasi bahan organik di kolam agar terlarut. Fungsinya untuk merangsang perkembangan bakteri heterotrof aerobik yang menempel pada partikel organik, menguraikan bahan organik, dan menyerap mineral (amonia, fosfat, dan nutrient lain) dalam air.

Probiotik em4 perikanan

Sementara itu, probiotik adalah istilah untuk mikroorganisme hidup yang dapat memberi efek baik pada organisme lain. Produk probiotik untuk budi daya perikanan cukup banyak ditemukan di pasaran.

Lanjut ke >> Persiapan Budidaya Lele Sistem Bioflock


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *