Perencanaan Strategis Sistem Informasi

Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi, yaitu suatu proses analisis yang menyeluruh dan sistematis dalam merumuskan tujuan dan sasaran perusahaan serta menentukan strategi yang memanfaatkan keunggulan sistem informasi dan dukungan teknologi informasi dalam menunjang strategi bisnis dan memberikan perusahaan suatu keunggulan jangka panjang untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya.

Definisi menurut para ahli

Martin (1990, p467) : Perencanaan Strategi SI/TI merupakan periode padadaur hidup system ketika sebuah arsitektur informasi , arsitektur system bisnis,dan arsitektur teknikal pertama kali dibuat dan ketika sekumpulan system bisnisyang konsisten dan terintegrasi akan dikembangkan.

Martin (1990, p102) : Perencanaan Strategi SI/TI merupakan salah satu langkahdalam information engineering yang berhubungan dengan sasaran dan target bisnis serta bagaimana teknologi dapat dihunakan untuk menuciptakankesempatan baru atau keuntungan kompetiti

Ward and Peppard (2002) : Perencanaan strategis SI/TI merupakan proses identifikasi portfolio aplikasi SI berbasis komputer yang akan mendukungorganisasi dalam pelaksanaan rencana bisnis dan merealisasikan tujuan bisnisnya. Perencanaan strategis SI/TI mempelajari pengaruh SI/TI terhadapkinerja bisnis dan kontribusi bagi organisasi dalam memilih langkah-langkahstrategis. Selain itu, perencanaan strategis SI/TI juga menjelaskan berbagai alat,teknik, dan kerangka kerja bagi manajemen untuk menyelaraskan strategi SI/TIdengan strategi bisnis, bahkan mencari kesempatan baru melalui penerapanteknologi yang inovatif

Model kerangka kerja dan perencanaan strategis system dan teknologi informas dapat dilihat pada gambar diatas , dan untuk penjelasnya adalah sebagai berikut.

Input, sebagai masukan dalam perencanaan strategis system dan teknologi informasi terdiri atas:

1. Lingkungan bisnis internal organisasi
Merupakan strategi bisnis yang digunakan pada masa sekarang, tujuan, sumberdaya, proses dan budaya organisasi serta nilai dari bisnis itu sendiri.

2. Lingkungan bisnis eksternal organisasi
Pada tahap ini dilakuakan analisis faktor-faktor di luar organisasi yang mempengaruhi kinerja organisasi, yang mencakup aspek-aspek ekonomi, industri,dan iklim bersaing perusahaan.

3. Lingkungan Internal SI/TI
Pada tahap ini akan dilakukan analisis yang mencakup kondisi SI/TI organisasi dari perpektif bisnis saat ini bagaimana kematangannya (maturity), bagaimana kontribusi terhadap bisnis, keterampilan sumber daya manusia, sumber daya dan infrastruktur teknologi, termasuk juga bagaimana portofolio dari SI/TI yang adasaat ini.

4. Lingkungan Eksternal SI/TI
Pada tahap ini dilakukan analisis kondisi teknologi SI/TI yang berkembang saat ini yang mencakup tren teknologi dan peluang pemanfaatannya, serta penggunaan SI/TI oleh kompetitor, pelanggan dan pemasok. Dari hasil ini akan diperoleh peluang teknologi SI/TI yang dapat digunakan dalam mendukung strategi organisasi. Proses Perencanaan strategi SI/TI, proses dimana informasi yang diperoleh, sertahasil analisis yang diperoleh dari inputs, akan diolah untuk menghasilkan outputs.

Outputs, merupakan hasil dari proses yang mencakup :

  1. Strategi bisnis SI, yang mencakup bagaimana setiap unit/fungsi bisnis organisasiakan memanfaatkan SI/TI untuk mencapai sasaran bisnisnya, portofolio aplikasidan gambaran arsitektur informasinya.
  2. Strategi TI, yang mencakup kebijakan dan strategi bagi pengelolaan teknologi dan sumber daya manusia SI/TI.
  3. Strategi manajemen SI/TI, yang mencakup elemen-elemen umum yang diterapkanmelalui organisasi untuk memastikan konsistensi penerapan kebijakan SI/TI yangdibutuhkan.-

Future Application Portfolio
rincian yang menjelaskan usulan aplikasi yang akan digunakan perusahaan dalam waktu kedepan, untuk mengintegrasikan setiap unit dari perusahaan dan menyesuaikan perkembangan teknologi dengan perkembangan perusahaan.

Current Application Portfolio
rincian mengenai aplikasi system informasi yang diterapkan perusahaan saat ini, dengan melihat keuntungan dan kekuatan yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi tersebut serta melihat dukungan aplikasi yang ada terhadap kegiatan operasional dan perencanaan strategi sistem dan teknologi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *