Manajemen Kualitas Sistem Informasi

ISO 9126-Software Quality Characteristics

Tujuan dari pembelajaran matakuliah ini yaitu Memahami komponen jaminan kualitas sistem, Membahas bagaimana mengembangkan SI yang dapat mempermudah, mempercepat, dan menghemat pembuatan dan pemeliharaan sistem berkualitas tinggi dan Memahami bagaimana menguji produk sistem informasi secara struktural dan fungsional

adapun Lingkup Pembahasan yakni bagaimana mengelola dan mengukur kualitas suatu Perangkat Lunak yang dibangun. serta memaparkan Topik2 utama berupa :

  • Komponen jaminan kualitas sistem
  • Framework manajemen kualitas
  • Kualitas sistem informasi
  • Faktor Kualitas Sistem informasi
  • komponen SQA pada poject life cycle
  • Strategi Pengujian sistem
  • Implementasi Pengujian sistem

Pengertian Manajemen

  • Manajemen adalah seni (art) untuk mencapai sasaran melalui orang lain (Mary Parker Follet)
  • Manajemen adalah suatu ilmu (Luther Gullick)
  • Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumberdaya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan (James A.F. Stoner)

Fungsi Manajement

  • Planning (merencanakan) adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang harus dicapai untuk mencapai sasaran tadi
  • Organizing (mengorganisasikan) adalah proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dalam cara yang terstruktur guna mencapai sasaran
  • Leading (memimpin) adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi
  • Controlling (pengendalian/pengawasan) adalah proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan

Dalam konteks organisasi, maka manajemen kualitas merupakan  sekumpulan kegiatan manajemen seperti merencanakan kualitas, mengorganisasi kualitas, mengkoordinasi kualitas, mengendalikan dan mengevaluasi kualitas yang dilakukan oleh setiap fungsi manajemen yang ada dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja dalam artian kualitas kerja dan hasil kerja pada setiap level organisasi.
Meningkatkan kinerja di sini tidak hanya pada satu kegiatan atau bagian tertentu saja tetapi pada setiap level operasi atau proses dan dalam setiap area kerja fungsional dari suatu organisasi. 

System Development Life Cycle (SDLC)

Pada software quality assurance, setiap tahapan pada SDLC memiliki mekanisme untuk memastikan bahwa setiap tahapan dilalui dengan benar. itu Artinya, SQA berada pada pada semua tahapan SDLC

ISO 9000 – Quality Management

Kelompok ISO 9000 membahas berbagai aspek manajemen mutu dan berisi beberapa standar ISO dikenal terbaik. Standar memberikan pedoman dan alat untuk perusahaan dan organisasi yang ingin memastikan bahwa produk dan layanannya secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan, dan kualitas yang ditingkatkan secara konsisten.

ISO 9000 mencakup standar-standar di bawah ini:

  • ISO 9000 – Quality Management Systems – Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM).
  • ISO 9001 – Quality Management Systems – Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. Standar ini memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. Implementasi standar ini adalah satu-satunya yang bisa diberikan sertifikasi oleh pihak ketiga.
  • ISO 9004 – Quality Management Systems – Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. Standar ini tidaklah ditujukan sebagai panduan untuk implementasi, hanya memberikan masukan saja.     

ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan anda dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *