Magister Komputer Sistem Informasi Bisnis

Melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi (Magister dan Doktorat) memang membutuhkan banyak pengorbanan, baik waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Banyak mahasiswa pascasarjana yang harus rela cuti kerja atau meninggalkan keluarganya untuk kuliah S2/S3. Sayangnya beberapa mahasiswa pascasarjana terganjal tesis/disertasi yang menyebabkan kemoloran studi yang mengharuskan mereka kehilangan lebih banyak waktu dan biaya seperti yang saya alami. :’D

Saya sendiri menempuh pendidikan pascasarjana di STMIK LIKMI salah satu kampus swasta di kota bandung pada program studi ilmu komputer dengan mengambil Konsentrasi Sistem Informasi Bisnis, jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih ke arah penerapan ke bisnis perusahaan. Oleh karena itu tidak heran banyak mata kuliah ‘berbau’ ekonomi manajemen di jurusan ini.

Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis.

Selama perkuliahan, saya dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang ilmu tersebut agar mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan antara lain: pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dsb. Kemampuan manajemen diasah melalui kuliah antara lain: prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek, dsb.

Sedangkan pengetahuan tentang bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti: administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi, dsb.

Berikut ini beberapa materi kuliah yang saya dapatkan ketika menempuh pendidikan magister disalah satu kampus swasta di kota bandung, mencoba mengingat kembali dan Sekedar berbagi barangkali teman-teman atau adik kelas membutuhkan.

PERENCANAAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI BISNIS BUDIDAYA AYAM BROILER MENGGUNAKAN TOGAF ADM
(Studi Kasus : PT. Sarana Ternak Utama)
Ringkasan-Tesis-Adi-Muhamad