3 Ilmu Wajib Bagi Seorang Muslim

Ketika kita ditanya, Bagaimana Seorang Muslim Harus Berpikir.?

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ   ( آلِ عِمْرَان: ١٩١ )

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Ali ‘Imran: 191)

Pembagian Ilmu Menurut Islam

Ada tiga ilmu pokok yang wajib hukumnya dicari dan dipelajari, Ketiga ilmu ini adalah pondasi yang akan menopang ilmu-ilmu pengetahuan lainnya, baik yang bersifat agama maupun yang bersifat umum. Apa saja tiga ilmu yang wajib dicari dan dipelajari oleh seorang Muslim? Berikut penjelasannya:

1. Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid adalah ilmu tentang keesaan Tuhan dan apa saja yang harus kita yakini sebagai seorang Mukmin. Ada 20 sifat wajib, 20 sifat mustahil dan 1 sifat jaiz bagi Allah Swt. yang wajib diketahui. Ada 4 sifat wajib, 4 sifat mustahil dan 1 sifat jaiz bagi Rasul. Kemudian, ada 10 nama malaikat yang wajib diketaui oleh seorang Muslim. Lalu ada 25 nama Nabi dan Rasul yang juga wajib diketahui.

Ilmu tauhid berisi masalah-masalah yang berkenaan dengan rukun iman yang wajib dipenuhi dan ditunaikan oleh setiap orang yang menyebut dirinya Muslim. Ilmu tauhid mengajari kita bagaimana benar-benar merasakan keesaan Allah Swt.

Kebenaran Al-Qur’an dengan Pembuktian Ilmu Pengetahuan

AL QUR’AN DAN BIOLOGI
Bagian Otak yang Mengendalikan Gerak Kita
Kelahiran Manusia
Jenis Kelamin Bayi
Segumpal Darah Yang Melekat di Rahim
Pembungkusan Tulang oleh Otot
Tiga Tahapan Bayi Dalam Rahim
Air Susu Ibu
Tanda Pengenal Manusia pada Sidik Jari

INFORMASI MENGENAI PERISTIWA MASA DEPAN DALAM AL QUR’AN
Informasi Mengenai Peristiwa Masa Depan dalam Al Qur’an
Kemenangan Bizantium
PENGETAHUAN AL QUR’AN

2. Ilmu Fikih

Fikih adalah ilmu tentang segala aturan pelaksaan ibadah dan syariat Islam. Bagaimana agar shalat dan ibadah lain yang kita kerjakan  sah, bagaimana tata cara berwudhu yang benar, apa saja hal-hal yang membatalkan puasa, bagaimana tata cara dan aturan berzakat dan hal-hal lainnya seputar pelaksanaan ritual ibadah dalam Islam dan seterusnya.

Karena ritual ibadah adalah media untuk mengungkapkan keimanan dan ketundukan kita kepada Allah Swt., maka segala ilmu yang membantu kita untuk beribadah dengan baik dan benar menjadi wajib hukumnya.

3. Ilmu Ahlak dan Tasawwuf

Setelah kita mempoles keyakinan kita kepada Allah Swt. Setelah kita memperbaiki dan memperbagus ibadah yang kita lakukan. Maka tugas selanjutnya adalah menyempurnakannya dengan sebuah ilmu yang melatih diri kita untuk memiliki akhlak mulia dan hati yang bersih.

Akhlak adalah perwujudan keimanan seseorang dalam konteks hubungan horizontal dengan manusia lainnya. Sedangkan tasawwuf membantu dan melatih untuk benar-benar merasakan kehadiran Allah Swt.

Karena ketiga ilmu di atas sangat mendasar, maka ketiganya harus diperoleh dan dipelajari dari seorang guru. Tidak cukup hanya dengan membaca buku atau mempelajarinya secara otodidak. Jika itu yang dilakukan, maka bukan tidak mungkin yang diperoleh justru kesesatan dan kebathilan, bukan kebenaran.

Bagi rekan-rekan yang ingin mendengar & melihat vidio tausiah dari para ulama & ustadz silahkan kunjungi Channel Youtube saya.